Beranda | Artikel
Hukum Qunut Shubuh - Hadits 307 - Kitab Bulughul Maram (Ustadz Zainal Abidin Syamsudin, Lc.)
Rabu, 19 April 2017

Bersama Pemateri :
Ustadz Zainal Abidin Syamsudin

Ceramah agama Islam oleh: Ustadz Zainal Abidin Syamsudin

Kajian ini beliau sampaikan pada Rabu malam, 23 Rajab 1438 / 19 April 2017. Pada kajian kali ini Ustadz Zainal Abidin menyampaikan pada “Bab Sifat Shalat Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam” yang diambil dari Hadits 307, yaitu tentang “Hukum Qunut Shubuh“.

(Download juga kajian sebelumnya: Hukum Qunut Shubuh, Nazilah, dan Witir (Hadits 304-306))

[sc:status-syarah-bulughul-maram-ustadz-zainal-abidin-2013]

Ringkasan Kajian Kitab Bulughul Maram: Hukum Qunut Shubuh (Hadits 307)

Di dalam hadits yang ke-307 dalam kitab bulughul maram, disebutkan bahwa:

وَعَنْ سَعْدِ بْنِ طَارِقِ الْأَشْجَعِيِّ – رضي الله عنه – قَالَ: قُلْتُ لِأَبِي: يَا أَبَتِ! إِنَّكَ قَدْ صَلَّيْتَ خَلْفَ رَسُولِ اللَّهِ – صلى الله عليه وسلم – وَأَبِي بَكْرٍ, وَعُمَرَ, وَعُثْمَانَ, وَعَلَيٍّ, أَفَكَانُوا يَقْنَتُونَ فِي الْفَجْرِ? قَالَ: أَيْ بُنَيَّ, مُحْدَثٌ. رَوَاهُ الْخَمْسَةُ, إِلَّا أَبَا دَاوُدَ.

“Dari Said bin Thariq Al-Asyja’iy radhiyallahu ‘anhu, beliau berkata: “Saya berkata kepada ayahku, “Wahai ayahku, sesungguhnya engkau pernah shalat di belakang Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa salla, Abu Bakar, Umar, Utsman, dan Ali, apakah dahulu mereka melakukan qunut Shubuh?” Maka ayahku berkata: “Wahai anakku, itu adalah perkara yang diada-adakan!”.” (HR 5 Imam kecuali Abu Dawud)

Di dalam hadits ini dan hadits tersebut dibahas dan dijelaskan tetnang bid’ahnya qunut Shubuh. Bagaimana penjelasannya lengkapnya mengenai qunut shubuh tersebut?

Simak penjelasan selengkapnya dari hadits tentang qunut ini di dalam rekaman kajian yang disampaikan oleh Ustadz Zainal Abidin, Lc. berikut ini. Semoga bermanfaat.

Download Kajian Kitab Bulughul Maram: Hukum Qunut Shubuh (Hadits 307)


Ayo share ceramah agama penuh manfaat seri pembahasan shalat yang tentunya tidak bisa diabaikan oleh Muslimin. Share ke Facebook, Twitter, dan Google+ sekarang juga yuk.


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/26676-hukum-qunut-shubuh-hadits-307-kitab-bulughul-maram-ustadz-zainal-abidin-syamsudin-lc/